Monday 28 December 2015

5 Cara Tepat Merawat Mesin Absensi Fingerprint Reader agar Awet

Mesin absensi merupakan salah satu perangkat mahal yang kerap dijadikan investasi masa depan. Sejumlah kantor atau perusahaan, umumnya akan memilih merek atau tipe terbaik. Alasannya, agar mesin fingerprint reader yang dibeli menjadi lebih awet. Selain itu, mesin bermerek yang terbaik juga memiliki legalitas, lisensi standar internasional, dan garansi yang cukup panjang. Terkait sistem absensi, semua itu tentu sangat menguntungkan di masa depan, baik dari segi biaya maupun administrasi perusahaan.

Nah, supaya mesin absensi dapat bekerja optimal selama mungkin, tentu dibutuhkan perawatan yang intensif. Anda tak bisa selamanya mengandalkan garansi. Lagipula perawatannya juga terbilang sederhana dan mudah dilakukan. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal di bawah ini untuk merawat mesin absensi sidik jari.

1. Letakkan Perangkat di Tempat yang Tepat 

Letakkan Perangkat di Tempat yang Tepat
Letakkan Perangkat di Tempat yang Tepat / www.mantratec.com

Lokasi yang tepat bukan hanya memudahkan karyawan untuk melakukan verifikasi. Tapi juga menjaga kinerja dan keawetan mesin absensi sendiri. Tempat terbaik meletakkan mesin sidik jari ialah di tempat tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Selain itu, tidak terpapar cahaya lampu secara langsung di dalam ruangan, karena bisa melemahkan kemampuan sensor biometriknya. Juga jangan letakkan pada suhu yang terlalu dingin atau panas, terhindar dari kelembapan dan wilayah berair. Suhu ruangan terbaik untuk mesin ialah sekitar 37 derajat Celcius.

2. Jadwal Pembersihan Berkala 

Jadwal Pembersihan Berkala
Jadwal Pembersihan Berkala / www.asmag.com
Serupa dengan mesin elektronik pada umumnya, fingerprint reader juga perlu dibersihkan, baik dari debu maupun dari kotoran yang menempel pada permukaan mesin absensi. Jangan anggap remeh dan membiarkan kotoran menumpuk pada mesin. Kotoran tersebut dapat memengaruhi kinerja dan merusak fungsi mesin absensi biometrik ini.

Seperti diketahui, mesin biometrik ini sangat sensitif, khususnya pada area sensor sidik jari. Banyak tangan yang menyentuhnya, jadi butuh pembersihan secara berkala. Anda bisa menggunakan tisu atau lap lembut untuk digosokkan secara perlahan pada mesin absensi.

Sangat disarankan untuk tidak menggunakan bahan pembersih yang mengandung alkohol. Kandungan tersebut bisa merusak sensitivitas layar sensor yang membaca sidik jari. Sebelum mulai membersihkan, Anda juga wajib tahu jenis sensor yang digunakan. Sensor yang memakai crystal anti gores cenderung lebih mudah perawatannya, ketimbang sensor silicon.

3. Perlindungan Tambahan 

Perlindungan Tambahan
Perlindungan Tambahan / www.biocryptonology.net
Selain perawatan, Anda juga bisa menjaga keawetan mesin dengan melindunginya. Berikan pelindung tambahan agar terhindar dari risiko rusak atau dicuri. Misalnya, memakai rak kaca untuk menyimpan mesin absensi.

4. Cek Kondisi Sebelum Digunakan 

 
Cek Kondisi Sebelum Digunakan
Cek Kondisi Sebelum Digunakan / www.cleverhome.com.au

Sebelum dihidupkan, sangat penting untuk melakukan pengecekan mendetail secara rutin. Cari tahu apakah penempatan adaptor sudah tepat, port USB sudah terhubung dengan komputer, dan sebagainya. Sangat dianjurkan untuk memakai adaptor kualitas terbaik. Jangan sembarangan memilih adaptor karena bisa berakibat fatal pada kondisi perangkat keras mesin. Pilih saja adaptor yang bisa menyalurkan daya listrik stabil ke mesin absensi.

5. Hubungi Service Center 

Hubungi Service Center
Hubungi Service Center / www.itunes.apple.com

Bila mesin absensi sidik jari mengalami masalah, akan lebih baik jika Anda menghubungi service center untuk menemukan solusinya. Keterlibatan tangan ahli akan meminimalisasi risiko kerusakan pada mesin sidik jari. Bila mesin masih tergolong baru, jangan asal membuka, karena bisa menghanguskan garansi.

Masalah yang terjadi bisa menyangkut perangkat keras atau perangkat lunak mesin fingerprint reader. Bila masalah terkait perangkat lunak, biasanya teknisi akan memperbaikinya lewat sistem online. Dengan demikian, teknisi tak perlu datang ke tempat Anda bila masalahnya ringan-ringan saja.


Sejumlah cara tepat perawatan mesin absensi sidik jari di atas terbilang mudah dan praktis. Tak sesulit mesin absensi jenis lain, sepert mesin ceklok yang harus membongkarnya terlebih dulu hanyak untuk mengisi tinta. Terakhir, rawat dan jagalah mesin absensi fingerprint reader ini sebaik mungkin. Mesin yang terawat tentu akan bekerja optimal dan sangat memudahkan manajemen perusahaan Anda.

0 comments:

Post a Comment